• Jalan Bunga Sedap Malam XVIIIc No. 10 Medan Selayang, North Sumatra, 20131 Indonesia
  • +62 (61) 8201922
  • Jalan Bunga Sedap Malam XVIIIc No. 10 Medan Selayang, North Sumatra, 20131
  • +62 (61) 8201922

Conservation Leadership Training

Conservation Leadership Training (CLT) merupakan wadah pelatihan kepemimpinan konservasi yang ditujukan kepada generasi muda dari Aceh dan Sumut untuk upaya konservasi Ekosistem Leuser. Tujuan program CLT adalah memberikan penyadartahuan konservasi sebagai pondasi awal dalam pemahaman dan peningkatan kapasitas dibidang konservasi.

 

 

 

Di CLT Angkatan III ini, peserta pelatihan berjumlah 30, terdiri dari 14 peserta Provinsi Aceh dan 16 peserta dari Sumatera Utara. Pelatihan ini berlangsung selama 2 sesi, sesi pertama dilaksanakan di lokasi Restorasi Cinta Raja III selama 7 hari dari tanggal 7 – 13 Juni 2021 dan sesi kedua dilaksanakan di Sekolah Alam Leuser, Bukit Mas, Langkat selama 7 hari dari tanggal 5 – 11 Juli 2021.

 

 

 

 

Pada pelatihan sesi pertama, peserta belajar tentang pengelolaan Kawasan TNGL, program-program konservasi yang dilakukan oleh YOSL – OIC dan restorasi ekosistem pada lokasi Restorasi OIC.

Para peserta CLT angkatan III sangat antusias loh mengikuti pelatihan ini…

 

 

 

 

 

 

 

Pada pelatihan sesi kedua, peserta belajar tentang Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Kehutanan dan Perlindungan Kawasan Hutan yang disampaikan oleh Balai GAKKUM – LHK. Lalu juga penyampaian materi SMART – PATROL oleh Tim Patroli OIC dan materi Navigasi Darat oleh Tim GIS OIC. Pada hari berikutnya, para peserta mendapatkan materi tentang Konservasi Tumbuhan dan Satwa liar yang disampaikan oleh BBKSDA SUMUT dan juga materi Pemberdayaan Masyarakat yang disampaikan oleh Tim ComDev OIC. Materi Pemberdayaan Masyarakat terbagi atas dua sesi nih, yaitu Sesi 1 dan Sesi 2.

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain materi di atas, para peserta diberikan tantangan Mini Project loh. Dalam pembuatan Mini Project ini, para peserta diberi kebebasan dalam berpikir dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka, yang diharapkan menghasilkan project berkelanjutan untuk keberlangsungan konservasi orangtuan dan satwa dilindungi lainnya.

 

 

Ingin tahu bagaimana keseruan kegiatan CLT sesi III kemarin? kalian bisa mengunjungi laman instagram kami di Orangutan Information Centre

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Comment

Copy link
Powered by Social Snap