Home » Programs » Education & Awareness » Workshop dan Sosialisasi Program School Climate Challenge

school-climate-challengeBritish Council bersama dengan Ashoka, Pandu Pertiwi, dan National Geographic serta Orangutan Information Centre (OIC) melaksanakan sebuah program yang disebut dengan “School Climate Challenge” yaitu sebuah program yang memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengubah tantangan perubahan iklim menjadi peluang ekonomi bagi komunitasnya.

Program School Climate Challenge merupakan kompetisi yang bertujuan mendorong para guru dan siswa sekolah menengah di seluruh Indonesia untuk menggagas suatu project yang inovatif, kreatif, dan berkesinambungan, terutama berkontribusi terhadap solusi perubahan iklim dan memiliki manfaat ekonomi baik bagi sekolah maupun komunitas.

Kegiatan workshop dan sosialisasi Program School Climate Challenge ini telah dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu/18 Februari 2009
Waktu : Pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat : Aula T. Amir Hamzah
Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara
Jl. T. Cik Dik Tiro No. 1D Medan

Pihak yang terlibat dalam pelaksanaan workshop dan sosialisasi Program School Climate Challenge ini, yaitu :

  • OIC (Orangutan Information Centre)
  • FK3LI (Forum Komunikasi Kader Konservasi Lingkungan Indonesia)
  • Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara

Bentuk kegiatan yang dilakukan selama kegiatan workshop dan sosialisasi Program School Climate Challenge ini, yaitu :

  1. Penyampaian materi tentang “Memahami Potensi Dunia Pendidikan dan Lingkungan Sekolah dalam Menghadapi Dampak Pemanasan Global dan Perubahan Iklim”
  2. Diskusi interaktif seputar materi yang disampaikan dan penyampaian program pendidikan lingkungan yang telah dilakukan di sekolah
  3. Sosialisasi Program School Climate Challenge
  4. Panduan pengisian formulir dan pembuatan proposal project Program School Climate Challenge

Kegiatan workshop dan sosialisasi Program School Climate Challenge ini dibuka oleh Staf Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara dengan menyampaikan pidato sambutan Kepala Dinas Propinsi Sumatera Utara. Dimana dalam pidato sambutan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara menyampaikan harapan agar melalui kegiatan ini dapat mendorong guru dan siswa untuk peduli dan melestarikan lingkungan melalui lingkup yang terdekat yaitu lingkungan sekolah masing-masing.

Kegiatan workshop dan sosialisasi Program School Climate Challenge ini diikuti oleh perwakilan guru dan siswa yang berasal dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Langkat. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 35 sekolah dengan jumlah total peserta 117 orang.