Home » Programs » Conservation » Kebun Pembibitan dan Pelatihan OIC

crim0323Sumber daya alam (SDA) pertanian khususnya bibit tanaman terbentang luas diseluruh kawasan nusantara yang merupakan potensi besar negara Indonesia. Kondisi tersebut merupakan aset yang sangat mahal dan sekaligus sebagai faktor keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Potensi sumber daya alam pertanian tersebut merupakan faktor dominan dalam strategi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Oleh karena itu Orangutan Information Centre (OIC) membangun sebuah wadah sebagai sarana pendukung kegiatan tersebut, khusunya pembibitan dan perbanyakan tanaman sebagai pusat pelatihan konservasi alam dan lingkungan hidup yang mencakup pelatihan pembibitan, pelatihan daur ulang kertas dan barang bekas serta pelatihan pembuatan kompos.

Diatas lahan seluas 2000 meter persegi yang berlokasi di Lingkungan V Jl. Andayani Kelurahan Delitua Timur Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara, Indonesia, sekarang sedang dibangun fasilitas sederhana yang menunjang kegiatan konservasi alam dan lingkungan hidup. Sudah tersedianya sebuah gubuk/saung pembibitan dengan luas 50 meter persegi di kebun pembibitan dan pelatihan OIC ini. Program ini berjutuan untuk memproduksi bibit tanaman secara berkelanjutan dan menunjang kegiatan pelatihan-pelatihan konservasi, baik untuk siswa, mahasiswa, guru dan masyarakat umum tentunya.

crim0311Jenis tanaman yang dibudidayakan antara lain: Bibit Sungkai (Peronema canescens), Ingul (Tona sinensis), Mahoni (Swietenia mahagoni Jacq), Durian (Durio zibethinus), Petai (Parkia speciosa). Pokat (Persea Americana), Krepayung (Filicium desipiens), Meranti (Shorea sp), Tanjung (Mimusops elengi), Petai (Parkia speciosa), Coklat (Theobroma cacao), Manggis (Garcinia mangostana), Aren (Arenga pinnata), Matau dan Glodokan, serta bibit-bibit tanaman lainnya. Saat ini telah tersedia lebih dari 25.000 bibit tanaman di kebun pembibitan tersebut dengan rencana produksi hingga 1000.000 pohon yang akan dijual (one stop shopping plants) dan sebagian lagi disumbangkan untuk kegiatan penghijauan dan reboisasi lahan.

Sementara itu rencana pengembangan berikutnya diupayakan tersedianya demplot tanaman obat, demplot kompos, damplot daur ulang kertas dan perpustakaan mini untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum berisikan buku cerita anak, buku tentang lingkungan dan tanaman serta buku mengenai satwa yang dilindungi. Kemudian dilokasi tersebut juga diupayakan sebagai tempat atau wadah pertemuan dan diskusi kepada pihak-pihak pemerhati lingkungan dan kelompok mahasiswa, siswa pencinta alam sebagai tempat bercerita, curah pendapat dan berbagi pengalaman dan ilmu di lokasi tersebut.