<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible { opacity: 1; }</style>

 

Tentang Kami

Yayasan Orangutan Sumatera Lestari - Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berlokasi di kota Medan. YOSL-OIC dibangun dengan tujuan untuk melestarikan dan melindungi orangutan Sumatera (Pongo Abelii) dan hutan yang menjadi rumah mereka. Kami bekerja sama dengan masyarakat lokal yang tinggal di sekitar habitat orangutan, baik di dalam maupun di sekitar Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). KEL sendiri merupakan benteng terakhir dari habitat orangutan Sumatera dan sebagai salah satu hutan tropis terpenting yang masih tersisa di Asia, dan memiliki peran penting secara global. KEL juga merupakan tempat  terakhir dan satu-satunya di dunia, dimana orangutan, harimau, badak dan gajah hidup berdampingan di alam liar.

Ketika didirikan pada tahun 2001 oleh Panut Hadisiswoyo, YOSL-OIC dimaksudkan sebagai pusat informasi untuk orangutan. Dalam penjalanananya, kami menyadari pentingnya pendekatan yang menyeluruh dalam perlindungan orangutan. Penyelamatan orangutan tidak lepas dari pelestarian hutan habitatnya, dan secara langsung berkaitan dengan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan habitatnya. Dengan pemahaman itu, kami mulai mengembangkan program yang didedikasikan untuk perlindungan hutan dan konservasi satwa liar, dan membantu masyarakat dalam peningkatan pendapatan dan sumber mata pencaharian alternatif melalui pertanian organik berkelanjutan.

Para staf di YOSL-OIC berasal dari latarbelakang pendidikan dan pengalaman profesional yang beragam. Namun yang paling penting memiliki kesamaan semangat serta komitmen terhadap nilai-nilai konservasi. Kami juga percaya bahwa pelibatan masyarakat lokal adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran yang akhirnya membantu setiap kerja konservasi yang kami usung. Melindungi orangutan, satwa liar, hutan, dan masyarakat adalah cara kami untuk melindungi planet kita. 

 

PayPal - The safer, easier way to pay online!